5 Cara Merawat dan Membersihkan AC Portable

5 Cara Merawat dan Membersihkan AC Portable

AC portable merupakan jenis AC yang susah-susah gampang untuk dirawat. Diperlukan cara merawat AC portabel yang tepat sehingga AC dapat bertahan lama. Jika tidak, maka AC Anda akan menimbulkan banyak masalah dan membutuhkan lebih banyak perawatan. 

AC portabel ini sangat cocok untuk Anda dengan mobilitas yang tinggi. Hal ini karena AC portabel dapat Anda bawa kemana saja, dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk mengoperasikannya. 

Sebelum masalah banyak, maka Anda perlu merawat AC portabel tersebut. Maka dari itu, berikut 5 cara tepat untuk merawat dan membersihkan AC portable untuk Anda!

1. Rutin Membersihkan Filter

Cara merawar AC portable yang pertama yaitu membersihkan filter. Bagi setiap unit AC, filter merupakan bagian terpenting. Filter yang bersih dapat memberikan udara yang lebih dingin dan menyejukkan. 

Terkadang AC portabel perlu diganti jika sudah rusak dan mengganggu kinerja AC. Jika hal tersebut terjadi, jangan sungkan untuk menggantinya sehingga AC dapat bekerja dengan maksimal. 

2. Rutin Membersihkan Bagian Eksterior

Tidak hanya bagian dalam AC portabel, Anda juga perlu untuk membersihkan bagian luarnya. Tampilan luar yang kotor seakan menunjukkan tidak peduli komponen interiornya. 

Anda dapat membersihkan seluruh bagian eksterior AC portabel dengan menggunakan kain lembap. Sangat tidak disarankan untuk membersihkan detergen atau pembersih lain karena dapat merusak bagian eksterior serta menggunakan lebih banyak kotoran di bagian tersebut. 

3. Periksa Kondensor 

Cara merawat AC portabel selanjutnya adalah rutin merawat kondensor. Dengan memeriksa kondensor koil, Anda dapat melihat apa yang terjadi pada koil tersebut. Jika terdapat kotoran, maka Anda dapat membersihkannya menggunakan pembersih yang tepat. 

Saat coil benar-benar kotor maka ada kemungkinan untuk tidak dapat dibersihkan. Jika hal tersebut terjadi, maka coil tersebut perlu diganti dan Anda membutuhkan seorang profesional untuk melakukannya. 

4. Pastikan Selang Pembuangan Pendek dan Lurus

Setiap AC memiliki selang pembuangan untuk mengeluarkan udara panas dari ruangan. Perlu diperhatikan bahwa selang tersebut Pendek dan lurus untuk memaksimalkan ACARA. 

Selain itu, selang pendek dan lurus tersebut mampu untuk menghindari penumpukan kelembapan yang diakibatkan oleh uap udara yang terkumpul. 

5. Simpan AC dengan Tepat

Banyak pemilik AC portable yang mengabaikan hal ini. Terkadang saat AC tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka AC tersebut tidak disimpan dengan benar. Akhirnya, AC kotor dan lembap akibat perubahan suhu. 

Setiap alat rumah tangga yang Anda miliki alangkah lebih baik untuk disimpan dan dirawat dengan tepat. Itulah 5 cara merawat AC portabel dengan tepat sehingga AC Anda akan lebih tahan lama. 

No Comments

Post A Comment