5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Berisik

5 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Berisik

Semua barang elektronik yang ada di dunia ini semakin lama akan semakin menurun kinerjanya. Semakin lama maka akan semakin banyak masalah yang muncul di barang elektronik tersebut. 

Salah satunya adalah munculnya suara-suara yang sangat mengganggu. Tidak menutup kemungkinan bahwa AC Anda juga akan mengeluarkan suara-suara yang sangat terganggu. 

Sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah yang serius. Beberapa suara dapat dihasilkan dari AC dan disebabkan oleh hal yang berbeda. Lantas suara apa saja yang dapat timbul di AC tersebut? Langsung saja, mari kita bahas!

1. Suara Benturan

Suara pertama yang dapat muncul dari AC Anda adalah suara seperti benturan. Suara tersebut dapat terjadi karena kompresor yang sedang bermasalah. 

Apakah Anda tahu apa itu kompresor? Kompresor merupakan salah satu bagian penting yang ada di AC dan bertugas untuk memastikan bahwa udara ruangan tersebut tetap dingin. 

Suara benturan dapat terjadi karena kompresor dapat menjadi longgar dan menimbulkan suara benturan yang cukup keras. Sayangnya, keadaan tersebut akan sulit untuk diperbaiki.

Karena keadaan tersebutlah maka jika memang kompresor Anda sudah rusak banyak tenaga profesional menyarankan untuk mengganti kompresor tersebut. 

2. Suara Dengungan

Suara selanjutnya yang dapat muncul di AC Anda adalah suara dengungan. Suara tersebut dapat keluar di dalam atau luar rumah Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu untuk memperhatikan masalah listrik, karena bunyi dengungan identik dengan permasalahan listrik. 

Masalah listrik dapat berupa kabel yang longgar, kompresor yang rusak, kapasitor yang rusak maupun arus listrik yang keluar dari jalurnya. 

3. Suara Bernada Tinggi

AC Anda juga dapat mengeluarkan suara mencicit bernada tinggi. Suara tersebut biasanya terjadi karena sabuk yang menghubungkan motor ke blower tergelincir. 

Bagi Anda yang memiliki AC dengan tipe terbaru, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Karena untuk AC tipe yang baru, sudah tidak menggunakan sistem sabuk, sehingga permasalahan ini tidak akan terjadi. 

Permasalahan ini sering terjadi pada AC yang sudah lama. Jika hal ini terjadi, maka sabuk yang ada pada AC tersebut perlu diganti. 

4. Suara Klik

Suara klik dapat dihasilkan AC jika AC mengalami masalah sebagai berikut: 

  • Terdapat benda kecil yang masuk ke kipas AC sehingga menghasilkan bunyi saat AC dijalankan. 
  • Terdapat masalah listrik di bagian termostat, kompresor, atau kapasitor. Jika masalah ini terjadi, maka AC tidak dapat menyala.

5. Suara Mendesis

Suara mendesis dapat terjadi jika terdapat masalah: 

  • Kebocoran
  • Katup ekspansi yang buruk
  • Filter udara yang tidak pas dipasang

Kemungkinan besar suara mendesis terjadi karena kebocoran. Hal tersebut karena selama AC berjalan, refrigeran berjalan dalam loop tertutup di AC. Namun, semakin lama garis tipis dan kumparan tembaga akan bocor sehingga refrigeran dapat ke luar. 

Suara seperti apa yang dihasilkan oleh AC Anda? 

No Comments

Post A Comment