AC Tidak Dingin? Ketahui 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

Berkeringat dan gerah akibat AC tidak dingin

AC Tidak Dingin? Ketahui 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

Pernahkan Anda merasa bahwa AC yang Anda miliki mengeluarkan udara panas alih-alih udara dingin dan sejuk? Jika iya, mungkin saja AC Anda mengalami beberapa permasalahan sehingga menyebabkannya tidak dingin. 

AC tidak dingin sangat tidak menyenangkan karena kita tidak bisa merasakan udara dingin yang sejuk terlebih saat hari sedang panas-panasnya. Tentu saja ruangan tersebut menjadi tidak nyaman. Lantas, apa saja penyebab AC tidak dingin? 

1. Filter Udara yang Kotor

Alasan pertama yang umum dan sangat klasik adalah filter udara pada AC yang kotor. Jika filter AC tidak bersih misalkan karena terdapat debu atau kotoran, maka dapat menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya yaitu AC tidak dingin. 

Kenapa begitu? Karena debu atau kotoran tersebut menghalangi udara dingin dan panas di dalam saluran. Dengan begitu, udara dingin dan panas bercampur menjadi satu, sehingga udara yang ke luar bukanlah udara dingin. 

2. Pengaturan Termostat yang Kurang Tepat

Alasan kedua AC tidak dingin bisa saja karena pengaturan termostat yang kurang tepat. 

Keyword: AC tidak dingin. Langkah yang tepat untuk masalah ini adalah atur termostat dalam mode “otomatis” sehingga kipas hanya akan bekerja saat udara ingin didinginkan. 

3. Kondensor yang Kotor

Tidak hanya filter, kondensor pada AC Anda bisa saja kotor yang menyebabkan AC menjadi kurang efisien. Dalam kondisi ini, AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan bekerja lebih lama untuk tujuan tersebut.

Tentu saja cara yang tepat adalah dengan membersihkan kondensor dari debu dan kotoran sehingga dapat bekerja secara efisien. 

4. Motor Kipas yang Rusak

Dalam setiap mesin terdapat motor yang menjalankan mesin tersebut. Jika motor kipas yang ada pada AC rusak, maka unit luar AC tidak dapat menghilangkan udara panas dari dalam ruangan. Sehingga, udara dingin dan udara panas akan bercampur dan udara panas tersebut dapat masuk ke ruangan kembali. 

Langkah tepat untuk permasalahan ini adalah meminta bantuan seorang profesional untuk memperbaikinya. 

5. Kompresor Rusak

Alasan terakhir AC tidak dingin adalah kompresor. Kompresor merupakan jantung dalam sebuah unit AC dan bertugas untuk mendinginkan ruangan Anda. Karena alat ini ditujukan untuk mengatur aliran refrigeran antara evaporator dan kondensor. 

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti kompresor karena kompresor yang rusak tidak dapat digunakan lagi. Carilah seorang yang profesional dan berpengalaman untuk mengganti kompresor tersebut. 

No Comments

Post A Comment