Cara Mengeluarkan Bunga Es pada AC Rumah

Cara Mengeluarkan Bunga Es pada AC Rumah

Cara Mengeluarkan Bunga Es pada AC Rumah

Sering menjadi masalah bilamana AC (Air Conditioner) rumah kita mengalami bunga es. Selain menurunkan performance, munculknya bunga es pada AC juga membuat kita repot karena harus melakukan maintenannce diluar jadwal rutin.

Meski begitu, kita tida boleh membiarkan adanya bunga es pada AC terlalu lama karena faktor resiko akan lebih besar terjadi kerusakan yang lebih parah. PT. Utama Bintang Erkonpersada, sebagai Daikin Pro Shop akan membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

Ada beberapa hal yang harus dicermati, dan seringkali menjadi penyebab bunga es pada pendingin rumah Anda. Pun, point yang kami sampaikan dibawah ini bisa menjadi langka pertama dalam mengatasi masalah diatas.

Membersihkan Filter Udara dan Evaporator

Pertama, perhatikan pada filter dan evaporator AC Anda. Ada kemungkinan juga bunga es disebabkan adanya kotoran pada 2 komponen tersebut. Jika sebabnya karena kotor, Anda tidak perlu khawatir – cukup dengan membersihkan kotoran tersebut dan masalah Anda akan berkurang dan bisa jadi hilang.

Kotornya filter dan evaporator bisa menghasilkan bunga es karena sirip evaporator yang mempunyai tugas untuk mengalirkan udara gagal dalam melakukan fungsinya.

Membersihkan Evaporator (bila) Kemasukan Oli & Mengganti Pipa Kapiler 

Kondisi masuknya oli pada evaporator lebih riskan, karena selain kotor – oli juga dapat mempengaruhi mesin secara lebih significant.

Masukanya oli pada pipa evaporator akan membuat AC tidak maksimal dalam menyerap panas karena pipa evaporator ini mempunyai peran yang penting dalam mengalirkan refrigerant.

Pipa kapiler yang tersumbat secara total, maka otomatis AC gagal untuk menghembuskan udara dingin dalam ruangan. Ciri umum saat pipa kapiler ini bermasalah ialah arus listrik tinggi dan tekanan refrigerannya rendah.

Bila khawatir tidak bisa maksimal, silahkan panggil teknisi atau jasa maintenance AC terdekat di kota Anda. Anda harus membersihkan pipa evaporator sekarang juga.

Cara selanjutnya untuk mengatasi bunga es pada AC ialah dengan mengganti pipa kapiler serta membersihkan sistem refrigerant secara total.

Menambah Refrigeran dan memperbaiki Blower

Solusi lain yang bisa kita lakukan saat muncul bunga es adalah dengan menambah refrigeran. Terdengar cukup simple, tapi memang itulah yang bisa kita lkukan karena akan meningkatkan performa AC sehingga mampu mencegah munculnya bunga es.

Selain itu coba perhatikan dibagian blower, bisa jadi inilah salah satu sebab munculnya bunga es pada AC Anda. Kejadian ini biasanya aliran air dari tawalang karena diawali dengan embun yang menempel pada siri evaporator.  Blowernya sedang dalam kondisi yang tidak optimal, akan membuat embun ini  menjadi bunga es dalam waktu tertentu.

Itulah beberapa informasi dan tips untuk mengatasi bunga es pada AC rumah. Untuk penanganan maintenance yang lebih baik, pastikan Anda mencari teknisi AC resmi dari dealer merk Anda.

No Comments

Post A Comment