Cara Mengetahui Remot AC Rusak

Cara Mengetahui Remot AC Rusak

Remot AC rusak merupakan salah satu permasalahan yang umum terjadi pada para pengguna AC. Tentunya Anda perlu mengetahui apa penyebab dari remot ac rusak tersebut. 

Banyak sekali orang ketika remot AC nya tidak bekerja, maka remot tersebut yang disalahkan. Mungkin juga Anda. Namun apakah hal itu benar? 

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika remot tidak bekerja, kita sering mengetukkannya ke benda yang lebih keras. Terkadang perlakuan tersebut berhasil dan remot dapat bekerja kembali. Tapi, hal tersebut tidaklah pasti. 

Maka dari itu, kami akan membagikan tips untuk mengetahui apakah remot AC yang Anda miliki rusak atau tidak. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Periksa Remot Anda Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu memeriksa remot AC. Perhatikan segala sisi remot tersebut, apakah terdapat retakan atau pecah pada badan remot tersebut. Hal itu karena jika remot terbentur benda yang keras, maka sirkuit board yang ada di dalamnya akan rusak. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat melihat baterai remot tersebut. Jika baterai telah lama tidak diganti, maka coba untuk menggantinya terlebih dahulu. 

Anda juga dapat mempertimbangkan jarak remot dengan unit AC. Remot dapat bekerja dalam jarak 10 meter saja dari unit AC dan tidak diperkenankan ada benda yang menghalangi remot dengan AC tersebut. 

2. Gunakan Remot Tester

Remot tester merupakan remot yang digunakan untuk melakukan tes pada berbagai remot peralatan elektronik yang menggunakan sinar inframerah. 

Cara penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mengarahkan remot AC ke remot tester. Jika remot AC yang Anda miliki masih bagus dan berfungsi dengan baik, maka akan terdapat tanda. Tanda tersebut adalah terdapat indikator LED atau suara. Namun jika tidak, maka kemungkinan besar remot Anda bermasalah. 

3. Periksa Sinyal Remot

Jika langkah pemeriksaan remot sudah Anda lakukan dan remot masih tidak bekerja, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu memeriksa unit ACnya. 

Anda dapat menekan tombol yang ada di sisi kanan bawah unit AC dan lihat apakah unit AC tersebut bekerja. Jika iya, namun tidak menanggapi remot, itu berarti sinyal remot tersebut tidak mencapai unit AC atau tidak dapat dikenali. 

4. Reboot Sistem

Jika Anda telah memastikan bahwa remot dapat bekerja, maka Anda dapat menyetel ulang sistem dengan mematikannya di daya utama. Anda dapat mematikannya kurang lebih selama 30 menit. 

Setelah itu, hidupkan kembali sistem. Lihat apakah masalah sudah terselesaikan atau belum. Jika belum, maka lebih baik untuk menggunakan jasa dari tenaga profesional untuk memeriksa sistem. 

No Comments

Post A Comment