Kapan Sebaiknya Melakukan Service AC?

Kapan Sebaiknya Melakukan Service AC

Kapan Sebaiknya Melakukan Service AC?

Sama seperti sebuah mobil, pendingin ruangan atau AC juga butuh servis berkala atau maintenance agar kinerja pendingin ruangan tetap dalam kondisi prima bahkan memilik umur yang panjang.

Tapi, kapan sebaiknya melakukan servis AC?

Jawaban dari pertanyaan diatas bisa dijawab dari dua sisi. pertama, saat terjadi kerusakan dan kedua saat servis berkala. Kedua hal tersebut penting dilakukan, paling tidak agar AC tidak mengalami kerusakan atau penurunan kapasitas yang terlampau jauh.

Mari kita simak, timing maintenance AC yang ideal dilihat berdasarkan kasus dan kebutuhannya.

Pertama. Servis Secara Berkala Tiap Tahun

Kami sebagai Daikin Pro Shop yang telah miliki pengalaman panjang tentang dunia pendingian ruangan dan AC menyarankan agar Anda melakukan servis berkala setiap tahun.

Menurut ahli mesin pemanas dan pendingin, kita wajib melakukan pengecekan atau perawatan bila sudah menginjak tahun ke dua meski tidak ada tanda-tanda kerusakan.

Pengecekan berkala akan meminimalkan kerusakan dimasa yang akan datang dan juga waktu yang tepat untuk memastikan AC berfungsi secara maksimal.

Terkait maintenance AC berkala, ada beberapa point yang harus diperhatikan:

A. Dampak AC yang Tidak Pernah Diservis

Mari berandai-andai, bagaimana jika AC rumah Anda tidak pernah diservice. Menurut penelitian, kemampuan AC akan berkurang minimal 5%, dengan catatan AC dalam kondisi top performance.

Hal tersebut terjadi karena adanya kotoran yang menjadi sebab turunnya kapasitas pengingin. Filter udara, kondensor akan rentan rusak karena debu dan kotoran yang ada.

B. Pastikan Cuci Kondensor AC Secara Berkala

Bila tak mampu lakukan hal ini, hubungi jasa maintenance AC terpercaya di kota Anda. Ada nya kotoran berlebih pada kondensor, berpotensi besar merusak bagian lain seperti efrigan dan evaporator.

Aliran udara yang tidak lancar akan mengakibatkan mesin pendingin ruangan akan bekerja extra keras untuk menghasilkan suhu ideal. Tentu bila terjadi dalam waktu yang lama, AC akan cepat rusak.

Jadi, pastikan Anda memcuci kondensor secara teratur dan waktu yang tepat saat service AC bila berkaitan point ini adalah ketika AC mulai terasa tidak bisa mendinginkan dengan optimal.

C. Ganti Filter AC Tiap Bulan

Filter, sesuai namanya komponen ini menjadi penentu dalam menyaring udara. Kehadirannya pada AC penting dan saking pentingya, komponen ini akan sering diganti agar tetap dalam kondisi prima.

Penggantian rutin filter wajib dilakukan. Service AC yang baik akan “memaksa” kita untuk mengganti filter dalam 30 hari. Ini semua demi hasil yang maksimal.

Kedua. Servis AC Saat Mesin Berbunyi dan atau MATI

Waktu yang tepat untuk service AC adalah saat AC mati atau terdapat bunyi-bunyi aneh.

AC yang normal, akan senyap meski digunakan seharian penuh. Sebaliknya AC yang bermasalah akan menimbulkan bunyi meski baru dihidupkan beberapa menit.

Suara berisik, dengun berlebih, bahkan benturan benda keras menjadi pertanda bahwa Anda wajib service AC, segera panggil jasa servis AC untuk memperbaikinya.

Hal paling mudah saat memutuskan waktu service AC adalah ketika AC mati. Khusus ini tidak perlu dijabarkan lagi. Anda pasti sudah tahu inilah waktu memanggil jasa maintenance AC!

No Comments

Post A Comment