Mengenal 4 Penyebab Polusi Udara di Rumah

Asap rokok dapat menyebaban polusi udara di rumah

Mengenal 4 Penyebab Polusi Udara di Rumah

Rumah merupakan tempat teraman dan ternyaman bagi setiap orang. Bagaimana tidak, saat lelah bekerja, atau lelah menghadapi berbagai rintangan yang ada, rumah merupakan tujuan untuk melepas lelah tersebut. 

Namun apa yang terjadi jika rumah yang Anda jadikan tempat untuk melepas lelah tersebut ternyata menyimpan banyak sekali polusi? Ya, bukan polusi tanah atau suara, melainkan polusi udara. 

Polusi yang tidak terlalu terlihat namun menimbulkan dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan. 

Sebenarnya apa saja penyebab polusi udara di rumah tersebut? Bukankah rumah selalu dibersihkan dan terlihat bersih? 

Berikut penjelasannya!

1. Ventilasi Udara yang Minim

Penyebab yang umum terjadi dari polusi udara di rumah adalah ventilasi udara yang sangat minim. Ventilasi udara merupakan jalan keluar dan masuknya udara dari luar rumah. Dengan adanya ventilasi udara, maka udara yang ada di dalam rumah akan terus berganti. 

Bagaimana jika ventilasi minim? 

Tentu saja polusi udara dapat terjadi. Hal tersebut karena tidak ada proses pertukaran udara. Terlebih saat udara yang ada di rumah tersebut telah tercemar. 

Tidak hanya itu saja, properti yang ada di rumah tidak diperkenankan untuk kedap udara dalam waktu yang lama. Jika terjadi, maka akan menimbulkan berbagai masalah pada properti tersebut. 

2. Kebocoran AC

Jika Anda memiliki AC, maka kebocoran pada AC tersebut dapat menimbulkan polusi udara di rumah Anda. 

Salah satu tujuan dari penggunaan AC adalah untuk menyeimbangkan kelembaban dan menghadirkan udara yang bersih. Namun AC juga dapat bekerja secara buruk dengan menghadirkan udara yang kotor. 

Hal itu dapat terjadi jika terdapat masalah pada AC. Seperti filter yang kotor. Dengan begitu, AC tidak bekerja dengan maksimal sehingga kualitas udara yang ada di rumah tersebut akan semakin buruk. 

Maka dari itu, penting untuk membersihkan AC secara rutin. Selain membantu meringankan kerja AC, AC yang selalu dirawat akan bekerja dengan maksimal. Sehingga, udara yang Anda dapatkan adalah udara dengan kualitas yang baik. 

3. Gas Beracun

Penyebab selanjutnya yang umum untuk menimbulkan polusi udara pada rumah adalah gas beracun. Gas beracun dapat dihasilkan dari asap rokok, tabung gas, karbon monoksida, cat, hingga senyawa organik lain yang mudah menguap. 

Langkah yang tepat adalah dengan membantu mengurangi keberadaan gas beracun tersebut sehingga polusi udara yang ada di rumah akan berkurang. 

4. Alergen

Penyebab polusi udara lainnya yaitu alergen. Alergen dapat berbentuk spora jamur, atau bulu yang dapat menimbulkan polusi udara. Selain itu, beberapa orang juga rentan akan alergen. 

Cara yang tepat untuk mengatasinya yaitu membersihkan rumah dengan teratur, terlebih jika memiliki AC. Selain itu, Anda dapat memasang alat untuk memurnikan udara. 

No Comments

Post A Comment