Mengenal Teknologi AC (Air Conditioner)

Product Review: AC Daikin Urusara 7 R32

Mengenal Teknologi AC (Air Conditioner)

Teknologi yang satu ini sekarang sangat mudah dijumpai, mungkin juga sekarang ada di rumah Anda. Air conditioner atau yang biasa kita singkat dengan AC memang mempunyai fungsi kekhasannya tersendiri. Selain berfungsi untuk menyejukkan ruangan, AC juga berfungsi juga untuk digunakan sebagai penjaga suhu dingin di ruangan agar sesuai keinginan. Taukah Anda dari mana asal mula terciptanya AC atau untuk apakah AC sebenarnya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yang berkecamuk dipikiran Anda, mari langsung saja disimak sedikit pembahasan dibawah ini tentang sejarah dan perkembangan AC.

Dimulai dari apa Itu AC (Air Conditioner)?

Dari referensi yg ada, AC disebut juga penyejuk udara atau sering disebut juga A / C, atau air con . Pengertian jelasnya adalah proses menghilangkan panas dan kelembaban dari dalam ruang yang ditempati, untuk meningkatkan kenyamanan pemakai ruangan. Pendingin udara dapat digunakan di lingkungan domestik (rumah tangga) dan komersial (kantor/mall).

Proses ini paling sering digunakan untuk mencapai lingkungan dalam ruangan yang lebih nyaman, biasanya untuk kenyamanan manusia, hewan dan tanaman. Selain itu pendingin udara juga digunakan untuk mendinginkan /mengatur melembabkan ruangan yang diisi dengan perangkat elektronik. Diantara peralatan elektronik penghasil panas, seperti CPU komputer, power amplifier. AC bahkan untuk menampilkan dan menyimpan karya-karya seni.

AC sering menggunakan kipas untuk mendistribusikan udara AC ke ruang yang ditempati seperti gedung atau mobil untuk meningkatkan kenyamanan suhu dan kualitas udara dalam ruangan. Unit AC berbasis pendingin listrik berkisar dari unit-unit kecil yang dapat mendinginkan kamar tidur anak yang berukuran kecil, kamar tidur orang dewasa. Untuk ruangan unit-unit besar yang dipasangi AC biasanya di atap menara kantor yang dapat mendinginkan seluruh bangunan.

Proses terjadinya pendinginan ruangan biasanya dicapai melalui siklus pendinginan, tetapi terkadang penguapan atau pendinginan bebas digunakan. Sistem pendingin udara juga dapat dibuat berdasarkan desiccants (bahan kimia yang menghilangkan kelembaban dari udara) dan pipa subterraneous yang dapat mendistribusikan refrigeran yang dipanaskan ke tanah untuk pendinginan.

Dalam pengertian yang paling dasar, pengkondisian udara dapat mengacu pada semua bentuk teknologi yang mengubah kondisi udara ruangan (pemanasan, pendinginan, pelembaban, pembersihan, ventilasi, atau gerakan udara). Dalam penggunaan secara umum, meskipun, “AC” mengacu pada sistem yang mendinginkan udara. Dalam teknologi terbaru dengan sistem yang lebih lengkap dapat ditemui pemanas, ventilasi, dan pendingin udara yang disebut dengan HVAC (heating, ventilation, dan air-conditioning” dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai tata udara.

No Comments

Post A Comment